3 Cara Mematikan HP OPPO yang Perlu Diketahui

Salah satu merek handphone China yang saat ini banyak digunakan adalah OPPO. Ponsel ini menjadi salah satu smartphone pilihan karena harga yang terjangkau dan pengoperasiannya yang mudah, mulai dari menyalakan handphone, pengoperasian perangkat termasuk cara mematikan HP OPPO. Tentu semuanya sangat mudah untuk dilakukan.

3 Cara Mematikan HP OPPO yang Perlu Diketahui oleh Pengguna Oppo

Cara mematikan ponsel ini sendiri mungkin sudah banyak diketahui oleh sebagian besar pengguna. Namun, ternyata tidak hanya cara manual yang biasanya digunakan untuk mematikan handphone, melainkan ada juga beberapa cara lainnya. Berikut adalah penjelasan lengkapnya, yaitu:

1. Mematikan HP OPPO Secara Manual

Cara mematikan HP OPPO secara manual ini yang paling mudah diaplikasikan dan seringkali dilakukan oleh kebanyakan orang untuk merestart atau mematikan handphone. Cara ini juga berlaku untuk kebanyakan ponsel Android lainnya, yaitu sebagai berikut:

  • Pastikan handphone yang digunakan masih dalam keadaan menyala
  • Kemudian tekan tombol power selama 3 detik, tombol power ini berada di sisi sebelah kanan handphone
  • Setelah tombol power di tekan kemudian akan muncul dua simbol pada layar handphone, pilih opsi paling atas simbol berwarna hijau untuk restart dan simbol berwarna merah yang di bawahnya untuk power off
  • Kemudian arahkan ke bawah pada simbol berwarna merah, maka daya HP OPPO akan otomatis mati

2. Mematikan HP OPPO Secara Otomatis

Cara mematikan HP OPPO juga bisa dilakukan secara otomatis. Tentu cara ini mungkin masih sangat jarang diaplikasikan pada kebanyakan orang. Jika menggunakan cara ini, maka pengguna bisa mengatur di jam berapa handphone akan dimatikan. Berikut inilah beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mematikan handphone secara otomatis, yaitu:

  • Pastikan handphone yang digunakan masih dalam keadaan menyala
  • Kemudian setelah itu bisa langsung masuk ke menu pengaturan
  • Kemudian klik menu pengaturan tambahan
  • Setelah masuk ke pengaturan tambahan,kemudian klik kolom hidup atau mati otomatis
  • Setelah itu, pengguna bisa mengatur pada jam berapa daya ponsel akan dimatikan. Di bagian bawah terdapat kolom untuk memasukkan waktu yang dipilih
  • Klik aktifkan, maka nantinya daya handphone secara otomatis akan mati sesuai dengan waktu yang sudah dipilih tadi
Baca Juga :  Cara mendapatkan banyak like di facebook

3. Mematikan HP OPPO Secara Paksa

Hal terakhir adalah mematikan handphone secara paksa, yang mana cara satu ini biasanya dilakukan saat handphone sedang tidak merespon perintah alias hang. Saat kondisi seperti ini, maka ponsel harus segera dimatikan terlebih dahulu. Untuk mematikan daya dalam kondisi handphone yang seperti ini, maka pengguna dapat menjalankan beberapa langkah di bawah ini:

  • Pastikan ponsel dalam keadaan hidup namun tidak dapat merespon perintah.
  • Kemudian tekan tombol power dan tahan sampai kurang lebih 10 detik atau sampai handphone benar-benar mati.
  • Setelah itu, handphone akan langsung mati secara otomatis.
  • Barulah setelah beberapa menit, pengguna bisa kembali menyalakan handphone.
  • Biasanya setelah dimatikan dengan cara seperti ini, handphone akan kembali berfungsi dengan baik seperti semula.

Mematikan ponsel juga bermanfaat untuk menghemat daya pada baterai, menghemat kuota, serta berfungsi agar handphone tidak terlalu panas. Dengan begitu, pastikan untuk selalu memastikannya dalam keadaan mati ketika tidak digunakan. 

Demikianlah tiga cara mematikan HP OPPO yang perlu diketahui. Tentu saja ketiga cara tersebut sangat mudah untuk diaplikasikan. Tetapi jika ingin lebih teratur, pengguna bisa memilih mode otomatis agar tidak lupa mematikan saat malam hari. Hal ini sangat penting dilakukan pada malam hari agar waktu istirahat pengguna tidak terganggu. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!