5 Cara Mengatasi Memori Penuh Di HP Oppo

Ponsel kini menjadi suatu hal yang penting untuk menyimpan, mengirim sampai menerima file-file penting. Mengetahui hal itu tentu pemilik harus pintar mengatur hp apalagi semua dilakukan lewat ponsel sehingga bisa cepat penuh.

5 Cara Mengatasi Memori Penuh di HP Oppo untuk Semua Tipe

Hal inilah yang mengharuskan orang tahu bagaimana tata cara mengatasi memori penuh di hp oppo. 

1. Lewat Notifikasi Bar

Handphone Oppo memiliki notifikasi bar yang dapat dijadikan solusi cara mengatasi memori penuh di hp oppo. Penggunaan pun mudah hanya tinggal digeser ke bawah sampai muncul beberapa menu. Terdapat menu seperti WiFi, data seluler, diam, bluetooth, senter, kalkulator, perisai malam, bersihkan memori dan lain-lain. Tekan menu bersihkan memori maka akan diadakan ke halaman pembersihan sampah.

Tersedia pembersihan yang dianjurkan dimana memberitahu jika sampah tersebut aman dibersihkan. Sampah juga dibersihkan berdasarkan kategori data aplikasi maupun file kategori. Berkas yang sudah terhapus di ponsel akan tersimpan di sini dan bisa dibersihkan secara permanen.

2. Gunakan Memori Eksternal

Untuk mengatasi permasalah penyimpanan yang terlalu full maka salah satu cara mengatasi memori penuh di hp oppo dengan menggunakan memori tambahan. Memori eksternal bisa dibeli di tempat membeli hp atau di toko yang menyediakan hp. 

Dengan adanya memori eksternal tentu akan memberikan tambahan ruang kosong untuk penyimpanan. File-file di memori internal juga bisa dipindahkan agar internal hp tidak penuh lagi. Coba perhatikan ukuran RAM hp saat membeli memori eksternal agar tidak salah memilih ukuran memori eksternal. 

Baca Juga :  Cara Instal Ulang HP OPPO Semua Tipe Dengan Mudah

Kapasitas memori yang berlebihan juga tidak akan cocok untuk RAM yang kecil karena itu harus disesuaikan. Cukup katakan berapa RAM hp maka penjual sudah paham dan akan menyarankan memori eksternal yang cocok dan tentunya aman untuk hp.

3. Bersihkan Cache Di Ponsel

Masalah hp penuh salah satunya karena menumpuknya cache yang tidak pernah dibersihkan. Oleh karena itu pengguna harus membersihkan cache pada ponsel secara berkala. Mengingat chace akan terus ada meski sering dibersihkan karena itulah harus rajin membersihkannya agar ponsel tidak penuh. Membersihkan cache bisa dilakukan melalui file manager sehingga terlihat mana yang harus dibersihkan.

4. Hapus File/Berkas/Aplikasi Yang Tidak Diperlukan

File/berkas/aplikasi yang memiliki kapasitas besar tentu akan menjadi penyebab handphone full. Menghapus file/berkas/aplikasi yang tidak lagi diperlukan setelah digunakan bisa dijadikan salah satu solusinya. 

Pengguna bisa pergi ke menu file manager untuk menghapus file atau berkas yang tidak terpakai lagi. Manajemen aplikasi yang ada di pengaturan bisa dijadikan tempat untuk menghapus file yang terlalu besar kapasitasnya.

5. Gunakan Cloud Storage

Di handphone oppo tersedia beberapa layanan cloud storage seperti drive, Dropbox, oppo cloud dan masih banyak lagi. Ini tentu akan memudahkan pengguna dalam menyimpan file maupun berkas di ponsel tanpa harus menghabiskan banyak penyimpanan. 

Kelebihannya pengguna bisa sewaktu-waktu membukanya saat membutuhkannya. Keunggulan lainnya keamanan file atau berkas juga terjamin karena tidak semua orang bisa mengakses dan tidak mudah hilang.

Inilah cara mengatasi memori penuh di hp oppo yang bisa digunakan untuk mengatasinya jika mengalami hal yang serupa. Cermatlah dan waspada saat membeli memori eksternal untuk handphone agar tidak merusak hp. Beberapa memori eksternal juga tidak cocok dengan merk hp tertentu maka sebelum membeli harus cermat. Belilah memori eksternal di toko yang terpercaya.

Baca Juga :  Cara Mengembalikan Video yang Terhapus di Hp Oppo