5 Cara Menyambungkan HP Oppo ke TV yang Efektif

Perkembangan dunia digital kini semakin pesat terutama dalam dunia smartphone. Banyak sekali tambahan fitur-fitur menarik dari versi sebelumnya, apalagi smartphone Oppo yang juga dilengkapi dengan fitur mirroring ke TV. Hanya saja masih ada beberapa pengguna yang belum memahami cara menyambungkan HP Oppo ke TV. Ini tentu menjadi kendala untuk nikmati tontonan video HP di TV.

5 Cara Menyambungkan HP Oppo ke TV yang Efektif dan Mudah

Jika pengguna smartphone Oppo berhasil menghubungkan HP dengan TV fitur mirroring tersebut, maka bisa nonton berbagai video seperti di platform YouTube dengan layar lebih lebar. Tentu ini menjadi kepuasan tersendiri bagi pengguna ponsel pabrikan China satu ini. Bagi yang penasaran bagaimana caranya, maka bisa menyimak ulasan berikut ini:

1. Matikan TV dan Sambung Kabel MHL

Pada TV ada beberapa tombol yang perlu dipahami masing-masing fungsinya. Tentu saja, untuk masalah ini kebanyakan semua orang pasti sudah mengetahuinya. Sama halnya berbicara tombol Power dan Off, maka langkah utama untuk memulai menghubungkan HP Oppo ke TV adalah mematikan TV tersebut dengan memakai tombol yang ada.

Tekan tombol tersebut sampai TV benar-benar dalam kondisi off atau mati. Setelah itu lanjut dengan menghubungkan kabel MHL bagian mikro pada smartphone. Pastikan kabel tersebut benar-benar terhubung agar proses penyambungan berjalan dengan benar dan sukses.

Baca Juga :  Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Redmi 4 Prime dan Spesifikasinya

2. Masukan Socket HDMI ke Port TV

Diketahui bahwa kabel HDMI ini mempunyai fungsi menyampaikan sinyal video atau audio dengan kualitas tinggi. Umumnya, teknologi ini dipakai untuk perangkat seperti proyektor, HDTV pemutar DVD dan perangkat yang berhubungan dengan kebutuhan tersebut.

Adanya penggunaan soket HDMI untuk menghubungkan HP Oppo ke TV tentu bekerja sebagaimana fungsinya, yaitu menyampaikan sinyal video atau audio pada TV dengan kualitas tinggi. Untuk itu, langkah selanjutnya dalam upaya ini tentu pengguna harus memasukkan soket HDMI ke port TV agar dapat terkoneksi dengan baik.

3. Hidupkan TV Kembali dan Pindahkan Saluran ke Mode HDMI

Jika sebelumnya pengguna sudah mematikan TV, maka langkah cara menyambungkan HP Oppo ke TV selanjutnya adalah mengaktifkan TV tersebut kembali. Cara untuk mengaktifkan TV tentu pengguna juga menggunakan tombol yang sama, yaitu On/Off.

Setelah berhasil menyalakan TV kembali, selanjutnya pengguna tinggal memindahkan saluran TV ke mode HDMI. Langkah ini menentukan bagaimana pengguna bisa menikmati tontonan konten pada HP di TV. Bila berhasil, maka pengguna bisa menuju ke langkah berikutnya.

4. Konfirmasi Notifikasi HDMI Connection

Pada cara sebelumnya, tentu pengguna smartphone Oppo sudah memindahkan saluran TV ke mode HDMI. Jika proses pemindahan tersebut berhasil, maka biasanya akan muncul notifikasi. Pemberitahuan atau notifikasi adalah berupa konfirmasi bahwa HDMI telah terhubung.

Jika pop-up notifikasi itu muncul, segera lakukan konfirmasi. Apabila pengguna sudah mengkonfirmasi notifikasi tersebut, maka sudah memungkinkan pengguna untuk menikmati fitur mirroring. Dengan begitu, pengguna bisa memutar video apapun di HP pada layar yang lebih lebar.

5. Layar HP Oppo dan TV Berhasil Terhubung

Menikmati fitur mirroring pada HP Oppo tentu menjadi kepuasan tersendiri, pasalnya pengguna bisa menyaksikan video dengan layar lebih memuaskan. Untuk itu, jika sudah berhasil mengkonfirmasi notifikasi atau pemberitahuan keterhubungan antara HP dengan TV, itu artinya cara ini berhasil.

Baca Juga :  Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Redmi Note 2 Prime

Pengguna sudah bisa menonton video seperti streaming film atau video konten YouTube di TV. Adanya fitur mirroring ini ini tentu sangat memudahkan pengguna untuk menikmati keseruan nonton yang lebih puas.

Itulah 5 cara menyambungkan HP Oppo ke TV secara efektif dan benar. Jika pengguna sudah mengikuti panduan di atas dengan tepat, maka akan dengan mudah nonton video pada HP melalui TV. Dengan demikian, kepuasan menonton dan menyaksikan berbagai video menarik menjadi lebih seru dan nyaman. Jadi, tunggu apalagi? ikuti cara-cara mudahnya di atas!