6 Penyebab HP Xiaomi Mati Sendiri yang Harus Dipahami!

Punya HP Xiaomi dan sering mati dengan sendirinya? Maka jangan diam saja. Lantaran ternyata ada sejumlah indikasi yang jadi penyebab HP Xiaomi mati sendiri tersebut. Jika tidak ditangani dengan baik sesegera mungkin, parahnya bisa menyebabkan kerusakan yang lebih serius. Agar lebih paham tentang hal ini, maka baca dengan seksama uraian berikut!

Terlalu Panas (Over Heat)

Penyebab HP Xiaomi mati sendiri salah satunya adalah over heat atau keadaan HP yang terlalu panas. Kondisi ini biasa terjadi karena perangkat hardware bekerja terlalu keras dan tidak berhenti. Biasanya keadaan ini terjadi ketika penggunanya bermain game dan menjalankan aplikasi yang berat.

Cara menangani over heat adalah dengan mengatur durasi pemakaian HP. Jika sudah merasa HP terlalu panas, maka sebaiknya berhenti menggunakannya. Mendiamkan HP beberapa saat sangat baik agar HP kembali menjadi dingin seperti semula.

Memori Internal Habis

Habisnya kapasitas memori internal ini bisa menjadi pemicu HP Xiaomi mati dengan sendirinya. Pasalnya memori internal bukan hanya berguna untuk menyimpan aplikasi dan game saja melainkan juga mengatur file sistem operasi HP.

Jika keadaan memori internal tersisa sedikit, maka dapat mengakibatkan HP menjadi lemot. Parahnya lagi kehabisan memori internal dapat membuat HP Xiaomi mati sendiri karena tidak ada sisa memori yang dapat digunakan. Bila pengguna hendak mencegah situasi ini, maka caranya dengan menyisakan memori internal sekitar 1 GB guna menjaga performa HP tetap baik.

RAM Habis

Kapasitas RAM yang habis juga bisa menjadi penyebab HP Xiaomi mati sendiri. Kapasitas RAM dapat berkurang lantaran pengguna menjalankan aplikasi HP terlalu banyak. Jika kapasitas RAM sudah habis, maka bisa mengakibatkan HP Xiaomi sering mati.

Baca Juga :  Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Redmi 3s yang Perlu Diketahui

Cara mencegah masalah ini adalah dengan mengurangi aplikasi yang beroperasi di latar belakang. Sekiranya aplikasi tersebut tidak terlalu digunakan, maka sebaiknya dinonaktifkan saja. Hal ini penting guna menghemat daya pada HP Xiaomi.

Virus Atau Malware

Jika HP Xiaomi sudah terkena virus atau malware maka HP tersebut akan sering mati sendiri. Oleh sebab itu jangan sepelekan virus atau malware yang menyerang HP. Sebelum mengakibatkan kerusakan yang lebih parah seperti pada sistem.

Cara mencegahnya adalah dengan tidak menginstal aplikasi dari sumber yang tidak valid dan tidak bisa dipercaya. Jika sudah terlanjur terinfeksi virus, maka sebaiknya segera meng uninstall aplikasi yang diduga menjadi penyebab virus atau malware. Jika tidak manjur juga, maka segera lakukan flashing ulang atau hard reset.

Kesalahan Flashing dan Root

Kesalahan flashing dan root bisa menjadi pemicu HP Xiaomi sering mati sendiri. Bagi yang sering menginstal ROM dan kerap melakukan rooting pada HP, diharapkan untuk berhati-hati. Karena kesalahan pada proses menginstal ROM dan root dapat mengakibatkan masalah fatal ini.

Cara untuk menangani keadaan ini adalah dengan memastikan penginstalan ROM sudah dilakukan dengan benar dan sesuai petunjuk yang diberikan. Jika ingin melakukan root harus hati-hati dan ikuti setiap prosedur dengan tepat.

Belum Update Software

Belum melakukan update software juga menjadi penyebab HP Xiaomi mati sendiri. Kejadian ini lantaran HP Xiaomi selalu rutin mengeluarkan update software pada perangkat miliknya. Update software ini sangat penting kaitannya untuk menutup bug pada sistem. Sehingga bila tidak dijalankan, akan mengurangi kinerja dan menimbulkan pelbagai masalah seperti perangkat tiba-tiba mati.

Seperti itulah penjelasan singkat mengenai penyebab HP Xiaomi mati sendiri. Apabila HP Xiaomi kebetulan off tiba-tiba bukan karena kendala baterai, maka bisa melakukan cara restart, flashing, sampai hard reset. Sesuai dengan indikasi yang dimunculkan!