7 Cara Mengatasi HP Ngelag Xiaomi Tanpa Ribet, Dijamin Berhasil!

Lag pada HP Xiaomi memang bukan lagi masalah baru. Tetapi sudah menjadi permasalahan umum yang harus segera diatasi. Beberapa orang mungkin sudah banyak mengetahui cara mengatasi HP ngelag Xiaomi. Tapi tidak bisa dipungkiri beberapa dari pengguna baru Xiaomi pasti masih kebingungan mengenai masalah ini.

7 Cara Mengatasi HP Ngelag Xiaomi dengan Mudah

Bagi yang mengalami HP Xiaomi ngelag ini tidak perlu khawatir, sebab ada beberapa referensi terkait cara mengatasi HP Xiomi ngelag yang dapat diupayakan. Berikut penjelasan lengkapnya:

1. Hapus File Tidak Penting

Cara efektif yang pertama untuk mengatasi lag pada HP Xiaomi yaitu dengan menghapus beberapa file yang tidak penting. Hal ini dikarenakan menumpuknya file salah satu penyebab ponsel Xiaomi penyimpanannya penuh dan perangkat jadi lambat. Untuk itu disarankan, agar HP Xiaomi optimal kembali, hapuslah file menumpuk yang tidak penting.

2. Nonaktifkan Aplikasi yang Berjalan

Penggunaa HP Xiaomi dapat mengatasi lemot dan lag dengan cara menonaktifkan aplikasi yang berjalan. Sebab, berjalannya aplikasi di background membuat RAM penuh. Terlebih jika aplikasi tersebut telah berada di latar belakang dalam waktu lama, yang tidak sebanding dengan intensitas pemakaiannya. Selain membebani kinerja juga memboroskan baterai pastinya. Cara untuk menonaktifkannya, pergi ke menu Setting, pilih opsi Kelola Aplikasi dan tekan tombol Paksa Berhenti.

3. Update OS secara Rutin

Bagi pengguna HP Xiaomi tidak perlu kawatir masalah update software karena developer-nya sering menawarkan pembaruan lebih menarik. Sebagaimana fungsi dari perusahaan itu menjaga performa HP Xiaomi supaya terhindar dari bug, penyebab HP ngelag.

Ingat, update software pada smartphone secara otomatis hanya akan dilakukan apabila HP sedang terhubung dengan ke WiFi. Jika tidak otomatis ter-update, maka periksa secara manual lewat menu Pengaturan. Setelah itu lanjut ke opsi Tentang Ponsel, pilih Pembaruan Sistem.

Baca Juga :  Cara Merekam Layar HP OPPO Tanpa Perlu Unduh Aplikasi Pihak Ketiga

4. Hapus Cache

Cara mengatasi HP ngelag Xiaomi selanjutnya yaitu dengan cara menghapus cache pada penyimpanan. Upaya ini dilakukan sebab penumpukan cache bisa mengakibatkan HP Xiaomi lag.

HP Xiaomi sudah menyediakan fitur cleaner atau pembersih untuk menghapus cache tersebut. Tapi untuk menjalankan fitur ini harus melalui menu pintasan yang terdapat di home screen smartphone. Selain itu, bisa juga dilakukan dengan membuka Keamanan, lanjutkan dengan memilih opsi Bersihkan.

5. Gunakan Aplikasi Pembersih RAM

Aplikasi pembersih RAM juga bisa diandalkan untuk mengatasi ngelag pada smartphone Xiaomi. Terkait aplikasinya banyak sekali pilihan yang bisa digunakan. Hanya saja disarankan untuk memilih aplikasi RAM Booster. Kerjanya lebih efektif dalam menutup aplikasi yang berjalan sehingga RAM jadi lebih aman.

6. Kurangi Widget

Widget yang menumpuk pada homescreen dapat menguras kapasitas RAM. Performa pada smartphone Xiaomi tentu akan mengalami penurunan jika masalah ini terjadi sehingga lebih mudah ngelag. Untuk itu, agar masalah ini teratasi pastikan mengurangi pemakaian Widget.

7. Gunakan MicroSD

HP Xiaomi ngelag sering diakibatkan karena kapasitas penyimpanan internal penuh. Agar masalah smartphone Xiaomi ngelag dan lemot dapat teratasi tentu pengguna smartphone harus menggunakan micro SD untuk menyimpan video, foto ataupun file besar. Dengan cara ini tentu penggunaan pada penyimpanan internal lebih berkurang dan pastinya performa ponsel akan lebih lancar.

Baca Juga: CARA MENGATASI HP XIAOMI BOOTLOOP DIJAMIN BERHASIL

Cara mengatasi HP ngelag Xiaomi di atas ini tidak sulit bukan? Jadi, bagi pengguna smartphone Xiaomi yang terganggu menjalankan smartphone karena ngelag atau lemot bisa menggunakan cara yang sudah dirincikan. Agar lebih optimal pastikan untuk mengikuti proseduralnya dengan tepat, agar penanganan benar-benar akurat!

Baca Juga :  Cara Cek HP OPPO untuk Melihat Kondisi Baru/Bekas, Nomor IMEI, dan Status Garansi