Cara Cek HP OPPO untuk Melihat Kondisi Baru/Bekas, Nomor IMEI, dan Status Garansi

Meski berbagai vendor ponsel bermunculan, merek OPPO tetap memiliki banyak peminat. Ponsel besutan produsen asal China ini telah meluncurkan banyak tipe OPPO dengan rata-rata penjualan tinggi dan keuntungan yang besar. Bagi yang tertarik memiliki HP OPPO atau sudah memilikinya, pastikan ponsel tersebut memiliki kondisi yang baik dengan cara cek HP OPPO berikut.

Keadaan ponsel OPPO baru atau bekas sulit diketahui jika hanya dilihat dari fisiknya saja. Ada pengecekan yang harus dijalani untuk mengetahui apakah ponsel yang dibeli masih baru dan bukan bekas pakai. Untuk mengetahui nomor IMEI dan lama garansi pun ada triknya tersendiri. Seluruh pengguna OPPO dapat melakukan trik ini tanpa harus pergi ke gerai OPPO.

Ketahui Kondisi Ponsel OPPO Baru atau Bekas dengan Cara Ini

Bagi yang membeli ponsel OPPO baru yang bukan second, pasti akan mendapatkan box yang masih tersegel dan rapi. Namun, apakah dapat dipercaya bahwa ponsel tersebut benar-benar baru dan bukan repackage? Daripada penasaran, segera cek kondisi sistem di dalamnya dengan cara cek HP OPPO menggunakan kode rahasia berikut ini:

  • Bukalah menu panggilan pada ponsel OPPO.
  • Tekan kode dial *#800# untuk mengetahui kondisi ponsel.
  • Tanpa melakukan panggilan, kode yang telah ditulis akan langsung menuju pada laman “OPPOLogKit”. Beberapa ponsel OPPO harus menekan “Call/Panggil” dulu untuk menuju laman ini.
  • Pada menu OPPO Log Kit atau Engineer Mode, sudah dapat dilakukan pengecekan kondisi ponsel OPPO untuk mengetahui apakah fungsi di dalamnya masih baik atau tidak.
Baca Juga :  Cara Instal Ulang HP OPPO Semua Tipe Dengan Mudah

Jika sistem yang dicek dalam kondisi tidak baik, kemungkinan besar ponsel OPPO tersebut telah digunakan atau bekas pakai. Untuk itu, pengguna perlu melakukan pengetesan satu persatu agar seluruh sistem dapat diketahui. Berikut beberapa sistem yang dapat dites:

  • Bluetooth Test. Untuk mengecek kondisi Bluetooth apakah masih dapat mengirim dan menerima dengan baik.
  • Receiver Test. Berguna untuk mendengarkan suara notifikasi ponsel.
  • Camera Test. Berguna untuk menguji fungsi main camera. Jika hasil potret baik, maka kamera masih dalam kualitas baik.
  • SIM Card Test. Berguna untuk mengetes kuningan kartu pada ponsel.
  • Battery Test. Untuk mengetes kesehatan baterai mulai dari penggunaan hingga persentase kerusakannya.

Cek IMEI Ponsel OPPO dan Status Garansinya

Setelah melakukan pengecekan seperti di atas, pengguna dapat memastikan apakah ponsel masih baru atau bekas pakai. Sekarang, pengguna dapat melakukan pemeriksaan lanjutan seperti mengecek kode IMEI dan status garansi dari ponsel OPPO yang dibeli. Berikut caranya:

1. Mengecek IMEI Ponsel OPPO

Bukalah menu Panggilan dan ketikan kode dial *#800# kemudian lakukan pemanggilan pada nomor tersebut. Sistem akan menampilkan nomor IMEI 1 dan 2 milik ponsel pengguna. Copy nomornya dan masukkan pada situs www.imei.info lalu tekan “Check”.

Pengguna juga dapat mengetahui kode IMEI melalui menu “Setting” lalu masuklah pada opsi “About Phone”. Tekan “Status IMEI” untuk mengetahui kodenya. Cocokkan nomor tersebut dengan nomor IMEI yang tertera pada kardus ponsel.

2. Mengecek Status Garansi Ponsel OPPO

Mengetahui masa garansi sangat penting untuk mengantisipasi jika ada kerusakan di masa garansi maka pengguna dapat mengembalikannya pada vendor. Caranya dengan mengunjungi tautan https://oppo-id.custhelp.com/app/products/warranty_status dan masukkan kode IMEI yang telah dicek sebelumnya. Tuliskan kode captcha untuk validasi dan tekan “Cek Sekarang”. Dengan begitu sistem akan menampilkan informasi status garansi ponsel OPPO pengguna.

Baca Juga :  6 Penyebab HP Xiaomi Mati Sendiri yang Harus Dipahami!

Demikian berbagai cara cek HP OPPO baik itu untuk mengetahui kondisi ponsel, nomor IMEI maupun status garansinya. Dengan pengecekan kondisi lebih dini, kerusakan dapat dihindari dan diperbaiki sesegera mungkin. Status garansi yang masih aktif pun dapat digunakan agar tidak perlu mengeluarkan budget jika adanya masalah pada ponsel.