Cara Cek Imei Oppo Supaya Tidak Tertipu

Sudah tahu tentang IMEI atau International Mobile Equipment Identity. Nah, jika nomor tersebut terdaftar maka perangkat yang dibeli dijamin ori atau asli. Namun jika tidak terdaftar, perlu diwaspadai lho barang itu asli atau palsu.

Cara Cek Imei Oppo dengan Mudah

Namun sekarang tidak perlu takut atau pun panik. Daripada bertanya-tanya lagi, terutama khusus pengguna smartphone Oppo, ini dia cara cek IMEI Oppo dengan mudah.

1. Gunakan USSD

Mungkin belum banyak pengguna smartphone ketahui, setiap merk atau brand elektronik, punya cara sendiri. Mulai dari yang susah sampai yang simpel dan mudah. Cara cek Imei Oppo yang paling mudah bisa dilakukan dengan cara USSD. Cara ini juga cepat dan mudah.

Pengguna hanya perlu klik menu panggilan, kemudian ketiklah code *#06#. Setelah itu klik panggil seperti saat pengguna mengecek pulsa. Tunggu beberapa saat dan akan muncul nomor seri jika memang Oppo milik pengguna adalah resmi. Jika tidak muncul, barang tersebut perlu dipertanyakan keasliannya.

2. Cek Melalui Pengaturan Ponsel

Cara cek imei oppo yang satu ini memang sedikit rumit. Tetapi, tingkat keberhasilan atau kredibilitasnya lebih tinggi dibanding cara sebelumnya. Pengguna Oppo bisa masuk ke menu tentang yang ada di pengaturan ponsel masing-masing. Kemudian, carilah status handphone.

Jika memang benar barang atau perangkat yang dibeli asli, akan tersedia delapan digit nomor seri yang tersedia. Perusahaan abal-abal tidak mungkin memberi seri sesuai produsen aslinya. Jadi, hati-hati ya jika mungkin suatu saat ingin membeli handphone second hand.

Baca Juga :  Game Perang Offline Android Terbaik

3. Cek Di Kardus

Buat para penggemar Oppo yang kerap ganti handphone namun dengan seri yang berbeda-beda, jangan hiraukan cara berikut. Pengguna bisa cek dengan hanya mencocokan nomor seri di kardus dengan nomor yang ditempelkan di belakang handphone.

Delapan digit nomor itu bisa pengguna cek satu per satu. Jika kedua nomor tersebut tidak sama, tanyakan ke pihak yang menjual handphone tersebut tentang keaslian produk yang dijual. Hindari pembelian jika memang didapati kasus beda nomor seri antara handphone dan kardus. Hindari jika ternyata berbeda nomor.

4. Cek Di Website 

Oppo juga menyediakan tempat cek online secara gratis. Jadi pengguna yang masih ragu soal keresmian perangkat yang dibeli bisa mengecek di website yang sudah disediakan. Ketiklah www.imei.kemenperin.go.id kemudian masukkan merk Oppo.

Masukkan nomor seri handphone lalu tekan enter. Jika benar-benar legal dari Oppo, nomor seri tersebut akan muncul dan bertulisan terdaftar. Namun jika tidak muncul juga, maka perangkat yang pengguna pegang pantas dikembalikan ke penjual karena dianggap menjual produk palsu. Jangan sampai tertipu ya!

Selain dari Kemenperin, cara cek imei oppo juga bisa dilakukan di website imei.info. Masih sama seperti website sebelumnya, di situs ini pengguna juga harus memasukkan nomor seri sesuai perangkat yang digunakan. Kemudian, klik menu Info dan Negara.

Di sana, pengguna akan menemukan fakta bahwa perangkat yang digunakan mempunyai izin resmi atau tidak. Jika sampai tidak ada, segera kembali ke tempat pengguna membeli dan tanyakan soal legalitasnya. Pengguna tidak mau, kan, menggunakan barang ilegal?

Nah, itu dia kelima cara cek imei oppo dengan mudah. Cara ini memang belum diketahui banyak orang. Padahal hal ini merupakan hal yang penting dilakukan setiap melakukan pembelian merk Oppo atau bahkan merk smartphone lainnya. Yuk coba cek imei.

Baca Juga :  Cara Restart Hp Oppo Mudah dan Cepat, Bisa Tanpa Tombol Fisik!