Cara Instal Ulang HP OPPO Semua Tipe Dengan Mudah

OPPO merupakan salah satu merk smartphone yang kini sudah banyak dipakai oleh masyarakat Indonesia. Namun, pada pemakaian jangka panjang untuk penggunaan aplikasi yang berat, seringkali sistem error saat digunakan.

Cara Instal Ulang HP OPPO Semua Tipe

Dengan demikian, kinerja smartphone akan lebih lambat, untuk mengatasi hal tersebut, gunakan cara install ulang HP OPPO berikut ini:

1. Melalui Pengaturan

Cara install ulang HP OPPO yang pertama dapat dilakukan melalui pengaturan yang ada di smartphone. Dengan menggunakan cara ini, semua data yang tersimpan di smartphone tersebut akan hilang. Maka dari itu, lakukan pencadangan semua data penting yang dimiliki sebelum melakukan install ulang dengan cara ini.

Caranya sangat mudah, buka menu Pengaturan terlebih dahulu dan menu opsi Backup & Reset. Kemudian akan ditampilkan beberapa opsi pada menu tersebut dan pilih opsi Reset Phone. Jika pengguna hendak menghapus semua data yang tersimpan pada smartphone, tekan tombol Erase Everything, lalu tekan Yes.

Setelah itu, smartphone pengguna akan otomatis melakukan restart dan tunggu proses restart berjalan hingga selesai. Jika proses restart telah selesai, smartphone akan tampil seperti pertama kali pengguna membeli smartphone tersebut. Pengguna dapat mengatur kembali konfigurasi beberapa menu pada smartphone sesuai keinginan.

2. Dengan Hard Reset

Selanjutnya, pengguna juga dapat menggunakan cara hard reset untuk instal ulang HP OPPO yang dimiliki. Cara ini biasanya digunakan oleh pengguna yang tidak dapat membuka smartphone karena lupa kata sandi. Hard reset dapat digunakan untuk mengatasi masalah lainnya yang masih berkaitan dengan kinerja sistem, seperti bootloop dan masalah lainnya.

Baca Juga :  5 Cara Mengatasi Memori Penuh Di HP Oppo

Dengan menggunakan cara ini, performa smartphone pengguna akan menjadi lebih baik. Cara melakukan hard reset cukup mudah, matikan dahulu smartphone pengguna dengan menekan tombol power beberapa saat. Setelah mati, tekan tombol volume bagian bawah bersama dengan menekan tombol power, tahan hingga tersedia fitur Recovery Mode.

Pengguna dapat memanfaatkan tombol volume bagian atas untuk keperluan navigasi dan tombol power untuk melakukan konfirmasi. Temukan menu Wipe Data dan Cache, lalu klik menu tersebut dan tekan OK. Tunggu hard reset selesai dan lakukan Reboot, proses Reboot biasanya membutuhkan waktu lama, sehingga pengguna dapat menunggu sambil melakukan aktivitas lainnya.

3. Menggunakan Find MyMobile

Selain menggunakan cara yang telah disebutkan sebelumnya, menggunakan fitur Find MyMobile yang disediakan Google dapat dijadikan pilihan untuk install ulang. Cara ini juga memungkinkan pengguna untuk menyelesaikan masalah seperti lupa sandi maupun HP yang hilang. Cara menggunakannya tidak terlalu rumit dan dapat digunakan untuk semua tipe HP OPPO.

  • Kunjungi website android find melalui Google menggunakan perangkat lain yang dimiliki.
  • Setelah berhasil masuk website tersebut, silahkan login akun Google yang digunakan pada HP OPPO yang ingin di install ulang. website tersebut kemudian akan menampilkan semua perangkat yang terhubung dengan akun tersebut, lalu pilih perangkat yang hendak di install ulang.
  • Setelah memilih perangkat, layar akan menampilkan beberapa opsi tindakan yang dapat dipilih oleh pengguna. Seperti menghapus akun, mengubah kata sandi ponsel dan opsi lainnya, pengguna pilih saja opsi hapus dan tunggu prosesnya hingga selesai.
  • Setelah itu ponsel pengguna akan kembali seperti semula saat pengguna membeli ponsel tersebut.

Demikianlah cara install ulang HP OPPO yang mudah dilakukan dan dapat digunakan untuk semua tipe. Cara tersebut dapat dipilih yang paling mudah dan cepat, agar smartphone dapat segera digunakan kembali. Dengan melakukan cara ini, kemungkinan besar performa ponsel tidak lemot dan dapat berjalan normal lagi.

Baca Juga :  Cara Membersihkan Memori HP Oppo