Cara Melacak HP OPPO yang Hilang atau Dicuri

Smartphone kini menjadi suatu barang yang tidak bisa dipisahkan. Tidak terkecuali HP merek OPPO, semua orang membutuhkan benda kecil ini untuk menemani hari-hari dan juga berkomunikasi. Tentu akan terjadi kekacauan apabila smartphone yang dimiliki hilang entah kemana. Usaha yang dapat dilakukan pertama adalah melacaknya. Cara melacak HP OPPO yang hilang ini terbilang mudah dan hampir sama seperti smartphone merek lain.

Cara Melacak HP OPPO dengan Mudah

Semua merek HP memiliki ciri khas dan perlindungannya masing-masing. Pada ponsel ini sudah dilengkapi dengan fitur perlindungan yang memudahkannya untuk dilacak. Berikut inilah upaya yang dapat dilakukan, yaitu:

1. Temukan dengan Aplikasi Find My Device

Bagi yang kehilangan HP OPPO, tentu bisa memanfaatkan Android lain dan mengunduh aplikasi Find My Device di perangkat. Setelah semuanya terunduh, langkah selanjutnya adalah masuk ke gmail ponsel pengguna dahulu. Kemudian, pilih perangkat HP yang hilang. Tunggu beberapa saat hingga aplikasi tersebut menemukan perangkat yang dicari.

Untuk menghapus seluruh data yang ada pada perangkat, silahkan menuju pada fitur Erase. Pasalnya, jika HP ini dicuri maka filenya akan ikut tersebar. Namun sebaiknya aktifkan kunci HP OPPO pengguna dengan menggunakan fitur lock. Perlu diingat, sebelum menerapkan langkah-langkah di atas. Pengguna wajib mengaktifkan fitur Find My Device terlebih dulu.

Caranya sangat mudah, yaitu cukup masuk pada pengaturan HP OPPO. Nantinya akan muncul pilihan “locate this device”, tekan dan kemudian pilih “allow remote lock ataupun erase slider”. Ini tidak sulit dilakukan, hanya perlu mengikuti pilihan yang ada dan lakukan langkahnya dengan baik.

Baca Juga :  Cara Mengetahui Password WiFi Tanpa Aplikasi di Hp Xiaomi

2. Lacak Melalui Nearme Find

Cara yang kedua yaitu dilacak menggunakan aplikasi Nearme Find. Aplikasi yang merupakan kolaborasi antara Samsung dan OPPO ini dapat digunakan untuk menemukan dimana lokasi HP yang hilang. Akan tetapi, aplikasi ini hanya bisa digunakan pada ColorOS versi 2.0 ke bawah. Bagi pengguna yang belum memiliki versi ini, otomatis tidak bisa mengaplikasikan cara tersebut.

Pengguna hanya perlu login pada O-Cloud, lalu secara otomatis akan menampilkan lokasi real time dimana HP berada. Dikarenakan Nearme Find dapat mengaktifkan fitur ini secara otomatis, maka pengguna tidak perlu risau akan kesulitan dalam menggunakan fitur ini. Namun apabila tidak berhasil, pengguna bisa pula menggunakan cara lainnya, yaitu dengan memanfaatkan nomor IMEI.

3. Cari Menggunakan Nomor IMEI

Nomor IMEI biasanya terdapat pada sisi belakang HP OPPO. Setiap HP yang baru dibeli sebaiknya dicatat nomor IMEI nya sebagai penjagaan ketika ada hal yang tidak diinginkan seperti hilangnya perangkat. Cara melacak HP OPPO yang hilang melalui IMEI ini pun sebenarnya mudah, namun tidak bisa dilakukan sembarang orang. Tentunya pengguna perlu bantuan dari beberapa pihak terkait.

Langkah untuk melacaknya adalah dengan menemui pihak berwajib, lalu memberikan nomor IMEI HP OPPO sekaligus menjelaskan kronologi hilangnya ponsel. Hal ini dikarenakan pelacakan menggunakan IMEI ini harus melibatkan operator seluler yang berwenang, sehingga pengguna tidak bisa dilakukan secara mandiri. Pengguna dapat pergi ke kantor polisi ataupun ke operator seluler.

Kehilangan HP adalah hal yang menyedihkan, apalagi jika di dalamnya terdapat banyak file penting yang tidak memiliki salinan. Oleh karena itu, ada baiknya pengguna harus lebih menjaga dan berhati-hati agar ponsel tetap dalam genggaman dan tidak hilang. Apabila hilang, maka pengguna hanya perlu mengerti bagaimana cara melacak HP OPPO yang hilang seperti penjelasan di atas agar perangkat bisa ditemukan segera.

Baca Juga :  ratusan hingga miliyaran perbulan, begini cara cek penghasilan youtube orang lain