Cara Mengatasi Hp Xiaomi Bootloop Dijamin Berhasil

HP Xiaomi yang mengalami bootloop tentu sudah menjadi hal yang biasa. Bootloop adalah kondisi dimana HP mati dan hanya menampilkan merk dari HP tersebut saja. Hal tersebut tentu dapat diatasi dengan baik asalkan mengetahui caranya.

5 Cara Mengatasi HP Xiaomi Bootloop dengan Mudah

Berikut ini adalah cara mengatasi HP Xiaomi bootloop yang patut disimak:

1. Melakukan Restart

Cara awal yang bisa dilakukan oleh pengguna Xiomi untuk mengatasi bootloop adalah dengan melalukan muat ulang atau restart. Mudah sekali untuk melakukan cara ini karena pengguna tinggal mematikannya saja dan mengeluarkan baterinya. Apabila baterainya tanam, maka dapat dengan menunggunya selama 5 menit.

Apabila HP tersebut sudah cukup lama didiamkan, maka pengguna dapat menyalakannya kembali. Lihatlah apakah HP sudah bisa hidup atau masih sama dengan sebelumnya. Terkadang HP yang bootloop hanya perlu penanganan soft reset saja. Namun, apabila belum dapat dinyalakan cobalah untuk melakukan cara yang lainnya.

2. Kembali ke Pengaturan Pabrik

Melakukan cara ini artinya bahwa pengguna akan kehilangan semua file yang ada di HP Xiomi. Meskipun cara ini sudah pasti akan berhasil mengatasi bootloop namun akan sangat sayang sekali jika semua file hilang. Tak masalah jika hal tersebut terjadi yang terpenting adalah HP dapat digunakan kembali seperti sedia kala.

Factory reset ini berlaku untuk HP Xiomi yang mengalami bootloop ringan saja dan usahakan baterainya berada pada 70% atau lebih. Hal tersebut untuk mengantisipasi adanya error. Cara yang harus dilakukan oleh pengguna adalah dengan mematikan terlebih dahulu HPnya dan kemudian tekan tombol volume atas bersamaan dengan tombol power. Kemudian, ikuti langkahnya sampai berhasil.

Baca Juga :  6 Penyebab HP Xiaomi Mati Sendiri yang Harus Dipahami!

3. Fastboot Mi Flash Tools

Fastboot ini bisa dilakukan jika Xiaomi yang digunakan ditenagai dengan chipset Snapdragon. Baik bootloop yang ringan, sedang, atau berat sekalipun bisa menggunakan cara ini agar HP dapat kembali seperti semula. Sebelum melakukan cara mengatasi HP Xiaomi bootloop ini, pastikan syarat dan juga bahan-bahan yang diperlukan sudah disiapkan terlebih dahulu.

Pengguna harus mematikan HP Xiamo terlebih dahulu sampai benar-benar mati. Selanjutnya, silahkan tekan tombol power bersamaan dengan tombol volume ke bawah dengan bersamaan. Nantinya akan muncul sebuah logo mi bunny yang menandakan bahwa HP siap untuk dilakukan fastboot. Jangan lupa untuk menghubungkan HP ini dengan laptop menggunakan kabel USB yang disediakan. Ikuti langkah selanjutnya.

4. Memanfaatkan Mi PC Suite China

Cara ini bisa dicoba bagi pemilik HP Xiaomi yang ditenagai dengn chipset Media Tek dan Snapdragon. Memanfaatkan Mi PC Suite China ini hanya diperuntukkan untuk jenis bootloop yang ringan dan sedang saja. Apabila bootloop yang dialami sudah parah, maka cara ini tidak akan bekerja sama sekali. Oleh sebab itu, penting sekali untuk mengidentifikasi jenis bootloop pada HP Xiomi yang dimiliki.

5. Via EDL Mode

Melakukan cara ini memang bukan perkara yang mudah karena banyak bahan yang harus dipersiapkan untuk menerapkannya. Pengguna harus mengunduh ROM Fastboot, Mi Flash Tools, instal Xiaomi Android USB Driver dan Driver Qualcomm HS-USB Qloader yang bersi 32 atau 64 bit. Bahan tersebut wajib ada sebelum melakukan cara ini sehingga membutuhkan persiapan yang matang.

Baca Juga: 7 CARA MENGATASI HP NGELAG XIAOMI TANPA RIBET, DIJAMIN BERHASIL!

Beberapa cara mengatasi HP Xiaomi bootloop yang telah dipaparkan di atas patut untuk disimak dengan baik guna mengatasi masalah bootloop. Pastikan persyaratan dan bahan sudah tersedia terlebih dahulu untuk melakukan cara tersebut. lakukanlah secara hati-hati agar tidak ada satupun yang terlewatkan. Selamat mencobanya di rumah dan semoga berhasil membuat HP normal kembali.

Baca Juga :  Cara Cek HP OPPO untuk Melihat Kondisi Baru/Bekas, Nomor IMEI, dan Status Garansi