Cara Mengatasi HP Xiaomi Tidak Bisa Disentuh

Adakalanya HP Xiaomi tidak bisa disentuh disebabkan oleh beberapa faktor, seperti HP terjatuh, kemasukan air atau karena faktor lainnya. Hal ini mungkin sering dialami oleh pengguna Xiaomi, tapi tidak perlu khawatir.

Cara Mengatasi HP Xiaomi Tidak Bisa Disentuh

Pengguna dapat melakukan beberapa cara mengatasi HP Xiaomi tidak bisa disentuh sebelum membawanya ke tempat service ini:

1. Lakukan Restart

Cara mengatasi HP Xiaomi tidak bisa disentuh yang dapat dilakukan pertama kali adalah dengan melakukan restart HP. Cara ini merupakan cara yang dinilai paling jitu untuk mengatasi masalah tersebut. Selain itu, restart HP juga sangat mudah untuk dilakukan.

Tekan beberapa detik tombol power HP hingga muncul pilihan restart di layar HP. Tunggu beberapa saat hingga proses restart selesai dan HP hidup kembali secara otomatis. Waktu yang dibutuhkan untuk melakukan cara ini relatif lebih lama jika dibandingkan dengan mematikan dan menghidupkan kembali HP secara manual.

2. Diamkan HP 1-2 Jam

Fungsi layar juga dipengaruhi oleh penggunaan HP yang lama dan menjalankan aplikasi berat, seperti game Mobile Legend. Hal ini sangat berpengaruh pada kinerja layar dan membuat sistem menjadi panas. Temperatur panas ini, berasal dari bagian baterai yang menghantarkan panas hingga menembus layar dan membuat layar menjadi tidak dapat disentuh.

Jadi, cara selanjutnya yang dapat dilakukan adalah dengan mendiamkan HP selama kurang lebih 1 hingga 2 jam. Dengan demikian, suhu perangkat HP dapat normal kembali dan layar dapat berfungsi lagi. Apabila suhu terlalu panas, HP Xiaomi tidak dapat bekerja dengan baik.

Baca Juga :  Tips mencari ide nama channel youtube yang keren menarik dan belum pernah sebelumnya

3. Lepas Pelindung Layar

Umumnya, saat pembelian jenis HP Xiaomi akan diberikan pelindung layar yang terkadang bisa membuat kinerja layar sedikit terganggu. Pelindung layar yang jarang dibersihkan dan kotor juga menjadi salah satu penyebab layar HP tidak bekerja dengan baik sebagaimana mestinya. Untuk mengatasi hal ini, lepas saja pelindung layarnya.

Dengan melakukan cara yang ketiga ini, masalah sensitivitas layar dapat diatasi. Sehingga, saat layar dioperasikan akan menjadi mudah dan tidak akan lambat. Jika ingin memasang kembali pelindung layar, pastikan pelindung layar bersih dari kotoran dan dapat berfungsi dengan baik.

4. Keringkan Layar dengan Sempurna

Layar HP yang basah dapat menimbulkan masalah berupa penurunan tingkat sensitivitas layar, sehingga tidak dapat disentuh. Jika layar sering dalam kondisi basah, entah karena tetesan air atau karena tangan pengguna yang basah, segera keringkan layar. Pengeringan layar dapat menggunakan tisu maupun kain yang dapat menyerap air dengan cepat.

Pastikan layar HP tidak basah dalam jangka waktu hingga berjam-jam. Hal ini dikhawatirkan air dapat masuk dan membasahi sistem yang dapat menimbulkan masalah yang lebih banyak lagi. Akan lebih baik jika ketika tangan dalam keadaan basah, jangan buru-buru menyentuh HP dulu, agar layar HP dapat bekerja secara maksimal.

5. Ganti Layar

Jika semua cara telah dilakukan, namun layar masih tetap tidak dapat disentuh pengguna dapat mengganti layar. Daripada bingung harus melakukan cara apalagi agar layar dapat berfungsi lagi, bawa saja ke tukang service untuk diganti layarnya.

Ketika empat cara sebelumnya tidak juga membuahkan hasil, maka ganti layar adalah solusi satu-satunya. Sebab, jika yang bermasalah ternyata kabel fleksibel layarnya yang lepas, pengguna tidak bisa menanganinya sendiri.

Baca Juga :  Cara Mengganti Background Zoom di HP Oppo

itulah cara mengatasi HP Xiaomi tidak bisa disentuh yang dapat dicoba agar layar HP dapat berjalan normal seperti semula. Bisa jadi, alasan mengapa layar sentuh pada HP Xiaomi tidak bekerja bisa diselesaikan dengan salah satu cara di atas.