Cara Reset Hp Oppo ke Pengaturan Pabrik dengan Mudah

Para pengguna smartphone Oppo pasti pernah mengalami beberapa masalah seperti Hp hang, lupa password atau Hp mengalami bootloop. Untuk mengatasi hal tersebut pengguna bisa mereset Hp Oppo dan mengembalikannya ke pengaturan pabrik agar dapat kembali berjalan normal. Cara reset Hp Oppo agar kembali ke pengaturan pabrik dapat dilakukan dengan cara berikut ini:

Mereset Hp Oppo Melalui Pengaturan

Cara pertama yang bisa pengguna lakukan untuk mereset Hp Oppo adalah dengan mengembalikannya ke pengaturan pabrik melalui menu pengaturan. Dengan melakukan reset ini maka semua data pengguna akan terhapus dari Hp, sehingga back up data terlebih dahulu sebelum mereset Hp. Untuk mengetahui cara reset Hp dari menu pengaturan simak cara detailnya berikut ini:

  • Masuk ke pengaturan kemudian pilih back up and reset.
  • Setelah itu klik pada tulisan factory data reset untuk mengembalikan ke pengaturan pabrik.
  • Selanjutnya akan ada beberapa opsi factory reset yang bisa di pilih. Klik pada tulisan erase all data
  • Tunggu hingga proses reset selesai dan Hp Oppo akan restart secara otomatis

Dengan melakukan tindakan di atas maka Hp Oppo pengguna sudah berhasil kembali ke pengaturan pabrik. Cara ini efektif untuk membuat Hp kembali berjalan normal. Sebab ketika melakukan hal tersebut data pengguna yang ada di Hp akan hilang dan kembali seperti baru lagi seperti setting dari pabrik.  

Menggunakan Mode Recovery

Cara selanjutnya untuk melakukan reset Hp Oppo adalah menggunakan mode recovery. Jika cara sebelumnya dilakukan ketika Hp masih bisa digunakan, maka cara reset Hp Oppo dengan cara ini dilakukan ketika Hp Oppo mengalami masalah seperti bootloop atau lupa sandi Hp. Untuk melakukan reset Hp dengan mode recovery, simak langkahnya berikut ini:

  • Pastikan Hp Oppo sudah dimatikan.
  • Apabila Hp mengalami bootloop atau Hp dalam kondisi stuck di logo, maka matikan Hp dengan cara melepas baterai kemudian pasang ulang.
  • Selanjutnya tekan secara bersamaan tombol fisik di Hp yaitu kombinasi tombol power dan volume atas untuk masuk ke recovery mode.
  • setelah recovery mode terbuka kemudian pilih bahasa, gunakan tombol volume dan power sebagai navigasi.
  • Klik pada opsi wipe data.
  • Selanjutnya pilih reboot untuk memuat ulang perangkat.
Baca Juga :  Cara Menghidupkan HP Xiaomi yang Mati Total

Menggunakan Google Find My Device

Selain menggunakan dua cara di atas, cara reset Hp Oppo juga bisa dilakukan dengan menggunakan fitur tambahan dari Google. Find My Mobile merupakan salah satu fitur dari Google yang biasa digunakan untuk menemukan Hp yang hilang. Dengan menggunakan fitur tersebut selain untuk menemukan Hp yang hilang juga bisa untuk mereset Hp.

Dengan demikian pengguna bisa melakukan reset Hp dari jarak jauh untuk mengantisipasi data pengguna disalah gunakan. Untuk melakukan cara ini, pengguna harus menyiapkan perangkat lain yang akan digunakan untuk mengakses Find My Device. Langkah selanjutnya, simak selengkapnya berikut ini:

  • Setelah mengakses Find My Device, Login menggunakan akun Google. Pastikan untuk memasukkan email yang sama yang terhubung dengan Hp Oppo yang hilang.
  • Setelah terhubung dengan Hp Oppo yang dicari, klik menu yang ada di sebelah kiri
  • Pilih opsi erase data, kemudian klik erase untuk mereset Hp dari jarak jauh.

Itu tadi adalah beberapa cara reset Hp Oppo ke pengaturan pabrik. Reset Hp ke pengaturan pabrik memang memiliki beberapa fungsi seperti mengatasi bug, mengatasi Hp lemot dan menghapus data dari Hp pengguna. Namun jika tidak ingin kehilangan data yang dimiliki saat melakukan reset maka pastikan untuk mencadangkan data yang dimiliki terlebih dahulu.