Cara Restart Hp Oppo Mudah dan Cepat, Bisa Tanpa Tombol Fisik!

Meskipun terlihat sebagai hal yang sederhana, namun beberapa pengguna Hp Oppo tidak mengetahui cara restart Hp Oppo yang dimiliki. Selain itu ada beberapa kondisi yang menyebabkan Hp Oppo tidak bisa direstart secara normal.

Cara Restart Hp Oppo Mudah dan Cepat

Oleh sebab itu simak beberapa cara yang bisa dilakukan pengguna untuk merestart Hp Oppo yang dimiliki:

1. Menggunakan Tombol Power

Cara pertama untuk merestart Hp Oppo adalah dengan menggunakan tombol fisik yang ada di Hp tersebut. Umumnya untuk melakukan restart Hp menggunakan kombinasi tombol power dan juga volume, namun ada beberapa tipe Hp yang hanya menggunakan tombol power saja. Untuk melakukannya cukup mudah, pengguna hanya perlu menekan tombol power dan volume atas bersamaan.

Tahan kedua tombol tersebut dalam beberapa detik hingga Hp Oppo melakukan restart. Cara ini dapat digunakan apabila Hp mengalami hang atau tidak merespon ketika disentuh. Namun apabila pengguna tidak bisa melakukan restart dengan cara ini, maka kemungkinan ada kerusakan pada tombol tersebut.

2. Merestart Hp Melalui Pengaturan

Jika pengguna tidak bisa menggunakan tombol untuk merestart Hp, pertama lepaskan pelindung Hp yang kemungkinan menghalangi ketika menekan tombol tersebut. Setelah pelindung dibuka, coba lakukan sekali lagi, namun jika Hp masih tidak merespon ketika tombol ditekan maka kemungkinan tombol rusak. Oleh sebab itu perlu dibawa ke service center untuk memperbaiki.

Namun jika ingin merestart Hp, pengguna bisa menggunakan cara lain selain menggunakan tombol fisik. Cara ini dapat pengguna Hp Oppo temukan dengan membuka menu pengaturan. Untuk selengkapnya simak cara berikut ini:

  • Masuk ke pengaturan lalu pilih pengaturan tambahan.
  • Klik aksesibilitas dan aktifkan menu aksesibilitas.
  • Selanjutnya akan muncul tampilan pop up yang meminta persetujuan untuk memberikan izin kontrol, klik ok untuk melanjutkan.
  • Setelah itu akan muncul ikon orang yang ada di pojok kanan bawah.
  • Klik ikon tersebut dan pilih ikon power untuk melakukan restart.
Baca Juga :  CARA MENGUBAH TAMPILAN BROWSER MOBILE KE DESKTOP dengan dua langkah mudah

Dengan mengaktifkan aksesibilitas maka pengguna Hp Oppo dapat merestart Hp tanpa perlu menggunakan tombol fisik lagi. Selain itu ada fitur lain yang juga akan didapatkan pengguna seperti mengatur volume, mengunci layar, mencerahkan layar dan lain sebagainya. Tentu saja fitur ini akan sangat membantu jika tombol fisik pada Hp pengguna sedang rusak.

3. Menggunakan Aplikasi Fast Reboot

Selain menggunakan 2 fitur bawaan dari Hp Oppo, cara restart Hp Oppo juga bisa dilakukan dengan menggunakan bantuan dari aplikasi tambahan. Fast Reboot merupakan aplikasi yang bisa pengguna unduh dan dapat digunakan untuk melakukan restart Hp tanpa tombol fisik. Untuk menggunakan aplikasi ini juga cukup mudah, selengkapnya simak caranya berikut ini:

  • Mengunduh aplikasi Fast Reboot dari Play Store.
  • Install aplikasi ke perangkat.
  • Buka aplikasi Fast Reboot dan pilih menu.

Dengan menggunakan cara di atas maka Hp akan otomatis melakukan restart. Pengguna hanya perlu menunggu hingga Hp kembali menyala. Cara ini jelas sangat membantu bagi pengguna terutama yang mengalami kerusakan pada tombol di Hp.

4. Melepaskan Baterai

Cara yang satu ini dapat dilakukan apabila Hp Oppo milik pengguna tidak dapat di restart dengan menggunakan cara di atas. Biasanya hal ini disebabkan oleh suhu Hp yang terlalu panas atau karena Hp terlalu banyak digunakan, sehingga Hp mengalami hang dan tidak merespon perintah. Oleh sebab itu untuk merestart bisa dengan cara mencabut baterai Hp.

Setelah bateri di cabut, pasang kembali dan coba restart Hp Oppo dengan menggunakan tombol power. Jika tidak ada masalah pada tombol fisik, pengguna bisa menyalakan kembali Hp Oppo yang dimiliki. Namun jika tidak dapat ditekan maka segera bawa Hp Oppo ke service center terdekat untuk mendapatkan bantuan.

Baca Juga :  Custom Rom Redmi Note 7 (Lavender)

Itu tadi adalah beberapa cara restart Hp Oppo yang bisa pengguna pilih. Pengguna bisa memilih cara mana saja yang dianggap paling praktis, baik itu menggunakan fitur bawaan atau menggunakan aplikasi tambahan. Semua cara sama saja, tujuannya untuk mengoptimalkan kembali kerja Hp yang mengalami hang.