Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Redmi Note 2 Prime

Xiaomi memang sering mengeluarkan sebuah produk yang merupakan hasil pengembangan dari versi sebelumnya. Salah satu produknya yaitu Redmi Note 2 Prime, produk ini adalah hasil pengembangan dari Redmi Note 2. Di dalam versi terbarunya terdapat beberapa kelebihan serta kekurangan yang tidak ada di versi sebelumnya. Berikut ini beberapa kelebihan dan kekurangan Xiaomi Redmi Note 2 Prime. Simak penjelasannya di bawah ini!

Kelebihan Ponsel Redmi Note 2 Prime

Pada setiap produk pasti memiliki beberapa kelebihan yang tidak terdapat pada produk lainnya. Kelebihan yang dimiliki oleh ponsel ini yaitu terdapat pada fitur yang tersedia yang sebelumnya tidak ada di versi yang lama. Berikut akan dipaparkan berbagai kelebihan dan kekurangan Xiaomi Redmi Note 2 Prime:

1. Terdapat Fitur USB OTG

Fitur atau kelebihan yang pertama yaitu ponsel ini dilengkapi dengan fitur USB OTG, fitur tersebut berguna untuk memudahkan kinerja si pemilik ponsel. Fungsi dari USB OTG ini adalah bisa menyambungkan perangkat di luar ponsel untuk disambungkan ke ponsel. Contohnya yaitu perangkat flashdisk dapat disambungkan ke ponsel dengan menggunakan kabel OTG.

Selain itu, dapat juga digunakan untuk menyambungkan printer. Jadi, pengguna dapat mencetak data dari ponsel hanya dengan modal kabel OTG ini. Tentunya, hal tersebut akan sangat membantu apalagi bagi yang memiliki mobilitas kerja yang tinggi.

2. Terdapat 2 Slot SIM Card

Kelebihan dan kekurangan Xiaomi Redmi Note 2 Prime yang selanjutnya adalah terdapat 2 slot SIM Card, 2 slot tersebut hanya bisa digunakan pada kartu yang berbasis GSM. Hal ini sangat menguntungkan pengguna, karena dapat memasang dual SIM sekaligus. Terkadang terdapat sebuah ponsel Android yang hanya bisa digunakan untuk satu SIM saja.

Baca Juga :  Kernel Redmi Note 7 (Lavender)

Penggunaan dual SIM tersebut tentunya akan sangat berguna bagi pengguna. Hal ini dikarenakan, bisa digunakan untuk nomor pribadi serta nomor untuk kuota. Jadi, pengguna tidak harus bolak-balik melepas kartu SIM karena harus bergantian menggunakan slot SIM card-nya.

3. Menggunakan Versi Android Lollipop

Android Lollipop merupakan sebuah versi yang lebih dapat memudahkan pengguna dalam penggunaannya. Di dalam Android versi ini baterai yang digunakan lebih awet serta keamanan yang diberikan lebih terjaga. Selain itu, ada beberapa versi bahasa yang tidak ada di Android versi lainnya.

Selain itu, dapat juga menggunakan fitur asisten pribadi yang terdapat dalam menu “OK Google”. Bahkan, beberapa aplikasi lainnya lebih bekerja dengan lebih baik serta konektivitas lebih meningkat tajam.

4. Memori Penyimpanan Besar

Memori internal yang diberikan pada Xiaomi Redmi Note 2 Prime ini cukup besar. Kapasitas penyimpanan yang diberikan mencapai 32 Giga Byte dengan RAM yang diberikan 2 Giga Byte. Selain itu, tersedia juga sebuah ruang untuk kartu memori dari luar yang bisa mencapai 128 Giga Byte.

Banyaknya ruang penyimpanan tersebut membuat pengguna bebas menyimpan hal apa saja di ponsel tersebut. Bahkan, jika tidak cukup disimpan di memori penyimpanan internal data juga dapat disimpan di kartu memori eksternal.

5. Layar Full HD

Resolusi dari Layar Xiaomi Redmi Note 2 Prime ini yaitu Hd, jadi sudah dipastikan layarnya sangat bening serta jernih. Ukuran layarnya mencapai 920 x 1080 pixel. Jadi, untuk merekam atau untuk sekedar berfoto pun hasilnya akan sangat bagus dan seperti menggunakan ponsel yang mahal.

Kekurangan Ponsel Redmi Note 2 Prime

Tak dapat dipungkiri di balik kelebihan suatu produk pasti ada kekurangan yang dimilikinya. Pengguna juga harus mengetahui kelebihan dan kekurangan Xiaomi Redmi Note 2 Prime sebelum membelinya. Berikut ini akan dijabarkan pula beberapa kekurangan dari ponsel Redmi Note 2 Prime ini. Untuk lebih jelasnya, simak saja penjabarannya di bawah ini:

Baca Juga :  CARA MENGUBAH TAMPILAN BROWSER MOBILE KE DESKTOP dengan dua langkah mudah

1. Tidak Memiliki Fitur NFC

Kekurangan yang pertama yang dimiliki ponsel ini adalah tidak adanya fitur NFC. Fitur NFC sendiri adalah sebuah fitur yang memungkinkan para pengguna untuk mengirim sebuah data tanpa kabel. Jadi, hanya mengandalkan sebuah gelombang elektromagnetik. Gelombang tersebut mampu mengirim data dengan sangat cepat dan mudah.

Pada Redmi Note 2 Prime ini tidak ada fitur tersebut. Artinya, pengiriman data hanya bisa melalui fitur Bluetooth atau bisa juga menggunakan kabel USB. Sebenarnya, dua cara tersebut sudah sangat kuno dan tentunya memakan waktu yang lebih lama.

2. Tidak memiliki Pelindung Layar

Kekurangan yang kedua yaitu tidak memiliki pelindung layar yang terpasang. Ketika membeli ponsel ini, konsumen tidak akan diberikan sebuah pelindung layar tambahan. Jadi, sangat rawan sekali jika tiba-tiba ponsel tersebut terjatuh. Mau tidak mau konsumen harus mengeluarkan uang lebih lagi untuk membeli pelindung layar.

Untuk antisipasi sebaiknya pengguna membeli pelindung untuk layar serta pelindung untuk casing. Hal ini karena, layar dan casing merupakan perangkat yang sangat rawan jika ponsel terjatuh. Daripada harus memperbaiki dengan harga yang cukup mahal, lebih baik dicegah menggunakan pelindung yang ada.

3. Material dari Plastik

Kelebihan dan kekurangan Xiaomi Redmi Note 2 Prime yang selanjutnya yaitu bahan yang digunakan dari material plastik. Dari segi tampilan memang sangat memukau, karena terlihat sangat elegan dan seperti dari bahan yang premium. Desainnya pun terlihat sangat cantik serta dengan warna yang mengkilap.

Hanya saja, material plastik tersebut memiliki tekstur bahan yang licin. Jadi, jika tidak dipegang dengan hati-hati ponsel dapat meluncur bebas ke bawah. Oleh karena itu, pentingnya sebuah pelindung ponsel yaitu agar saat terjatuh tidak terjadi kerusakan yang serius.

Baca Juga :  6 Penyebab HP Xiaomi Mati Sendiri yang Harus Dipahami!

4. Perbedaan Dual SIM

Meskipun memiliki dual slot sim untuk kartu yang digunakan, tetapi nyatanya dual sim tersebut memiliki perbedaan jaringan. Jika SIM 1 dapat terhubung dengan jaringan 4G, maka untuk SIM yang satunya hanya terhubung dengan jaringan EDGE saja. Perbedaan tersebut tidak banyak diketahui oleh orang.

Agar dual SIM tersebut dapat dimanfaatkan dengan baik, maka pengguna bisa menggunakan SIM yang 4G untuk meletakan kartu yang berisi kuota. Sementara, untuk SIM yang satunya bisa digunakan untuk nomor pribadi dan bisa juga diisi dengan pulsa serta digunakan untuk berkomunikasi.

5. Memori Penyimpanan

Kelebihan dan kekurangan Xiaomi Redmi Note 2 Prime yang terakhir yaitu terletak pada memori penyimpanannya. Meskipun, memori penyimpanan yang ditawarkan mencapai 32 Giga Byte, tetapi ternyata tidak bisa digunakan semua. Memori yang bisa digunakan hanya mencapai 27 Giga Byte saja, karena sisa ruang penyimpanan tersebut digunakan untuk aplikasi bawaan dari ponsel tersebut.

Jika pengguna ingin memori tambahan, maka bisa menambahkan kartu memori eksternal dan memang slotnya sudah disediakan. Bahkan, untuk kartu memori eksternal bisa mencapai ukuran 128 Giga Byte. Ukuran sebesar itu, dapat menyimpan berbagai bentuk data dengan ukuran sebesar apapun. Hal yang perlu diingat yaitu jangan sampai ruang penyimpanan melebihi kapasitas yang sudah disediakan.

Baca Juga: KELEBIHAN DAN KEKURANGAN XIAOMI REDMI 3S YANG PERLU DIKETAHUI

Jadi itulah berbagai kelebihan dan kekurangan Xiaomi Redmi Note 2 Prime yang perlu diketahui oleh pengguna. Mempelajari hal tersebut sangat berguna dan tidak akan sia-sia. Hal ini karena, bisa dijadikan bahan pertimbangan ketika akan membeli Xiaomi Redmi Note 2 Prime.